Kelebihan Puasa Syawal 6 Hari


Puasa syawal adalah puasa sunnah yang di kerjakan sesudah bulan puasa, dan puasa ini sudah di contohkan oleh baginda Rasulullah SAW. Puasa  ini adalah bagian dari puasa yang meneruskan puasa wajib di bulan ramadhan, yang dilakukan selama 1 bulan penuh. Dan puasa ini juga berfungsi untuk mempertebal iman kita setelah bulan yang penuh hikmah yaitu bula ramadhan.

Adapun dalil atau hadits yang menyatakan tentang puasa syawal "Barangsiapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun." (HR. Muslim). Puasa syawal juga berfungsi untuk anda yang bocor selama bulan puasa bisa di ganti dengan puasa sywal sesuai anda berapakali bocornya di bulan ramadhan tersebut.


Adapun keutamaan yang lainnya yang belum di sebutkan yaitu :
  1. Akan mendapatkan syafaat Rasulullah SAW karena telah mengerjakan sunnah-sunnah beliau termasuk dalam puasa syawal dan dikerjakan selama 6 hari.
  2. Merupakan salah satu cara untuk selalu menumbuhkan kecintaan dan keimanan dengan senantiasa beribadah kepada Allah SWT baik itu wajib maupun sunnah.
  3. Menutup beberapa kekurangan dan kesalahan yang banyak membuat dosa di kala kita ketika sedang menjalankan puasa Ramadhan yang lalu.
  4. Membiasakan puasa setelah Ramadhan menandakan diterimanya puasa Ramadhan, karena apabila Allah Ta'ala menerima amal seorang hamba, pasti Dia menolongnya dalam meningkatkan perbuatan baik setelahnya.
Cara berpuasa seperti biasa di bulan ramadhan, dan anda bisa melakukan nya di awal bulan ataupun di akhir dan di pertengahan. Asal harus 6 hari. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

0 Response to "Kelebihan Puasa Syawal 6 Hari "

Posting Komentar