Tips Memberikan Pendidikan Untuk Anak Menurut Islam


Semua orang tua pastinya ingin mempunyai anak yang bisa membahagaiakan orang tuanya dan juga berbakti kepada orang tuanya yang telah mendidiknya dari kecil sampai sekarang tumbuh menjadi orang yang berguna bagi negaranya dan dirinya pun bisa hidup dengan benar. Hal tersebut bisa terjadi jika anda memberikan pendidikan yang benar dan juga menurut agama anda sendiri, dalam hal ini adalah agama islam, yaitu sebuah agama yang mayoritas penduduk di indonesia memeluk agama tersebut, anda bisa mengajarkan hal - hal yang berbau agama islam kepada anak anda sehingga anak anda bisa soleh dan berbakti pada anda. Dan untuk anak sebenarnya, lebih bagus dari kecil di berikan pendidikan agama islam, untuk kedepanya anak tersebut sudah kuat akan hal - hal yang tidak di inginkan di kehidupan luar, sewaktu anak tersebut dewasa.

Setiap anak dilahirkan dalam keadaan suci. Putih bersih seperti kertas yang paling putih dan paling bersih. Orangtualah yang akan memberi warna, tulisan, gambar, dan sebagainya. Dengan kata lain, pendidikan yang diberikan oleh orang tua yang akan membentuk si anak. Oleh karena itu, mendidik anak dengan cara Islam akan memberikan petunjuk yang jelas tentang cara mendidik anak yang baik ini. Nah oleh karena itu di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membangun iman serta intelektual anak anda dengan ajaran islam.

Ini adalah sebuah step pertama yang bisa anda gunakan untuk mengajarkan pendidikan anak anda menurut agama islam, shalat sangat penting bagi orang yang sudah baligh, dan keuntungannya bagi anda mengajarkan shalat bagi anak anda dari kecil adalah agar terbiasa sewaktu anak tersebut sudah menginjak baligh dan sudah di wajibkan untuk shalat lima waktu. Oleh karenanya anda harus ajarkan shalat 5 waktu kepada anak anda sewaktu kecil.

2. Mengajarkan Alquran
Anak anda harus diajarkan mengenal dan membaca Al Quran sejak dini, bahkan sejak di dalam kandungan. Jika musik klasik ciptaan Mozart saja diyakini bisa menstimulasi bayi dalam kandungan, apalagi lantunan ayat-ayat suci yang diciptakan oleh Allah. Dengan di ajarkannya ayat suci alquran, anak anda aka terhindar dari marabahaya yang selalu ada di sekitarnya, dan juga di jauhkan dari syetan yang selalu melakukan hal - hal tertentu pada anak kecil, yang belum baligh.

Ajarkanlah kejujuran kepada anak anda, karena di zaman sekarang mencari kejujuran sangatlah susah, dengan kejujuran anak anda akan selalu di percaya oleh orang lain, dan hal tersebut membuat anak anda bisa cepat menitik karirnya ke jenjang yang tinggi sesuai dengan cita - citanya. Segala hal bisa dilakukan dengan kejujuran. Karena kejujuran merupakan satu hal yang mengajarkan manusia untuk dapat menerima segala resiko yang ada. Hal ini berbeda dengan kebohongan, sekali saja orang berbohong maka seterusnya orang tersebut akan mencari kebohongan-kebohongan lainnya.

4. Berikan Pendidikan Yang Terbaik
Ini juga harus anda perhatikan, karena kebanyakan orang tua hanya memberikan sebuah pendidikan yang formal saja, pendidikan untuk hati dan rohaninya tidak di ajarkan kepada anaknya. Oleh karenya anda harus memberikan sebuah pendidikan yang seimbang antara pendidikan formal di sekolah dan juga pendidikan rohaninya untuk menjaga dan mempertebal keimanannya, seperti hadits di bawah ini.

Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan fitrah (Islam) dan kedua orangtuanya lah yang menjadikannya Majusi, Nasrani, atau Yahudi.” (HR. Bukhari).

5. Memberikan Nama Yang Baik
Mungkin ini adalah sebuah tips tambahan bagi anda untuk memberikan sebuah nama yang bagus dan yang mempunyai arti yang bagus untuk anak anda, karena sebuah nama adalah sebuah doa yang tertanam di dalam anak anda. Selain itu, nama juga merupakan suatu hal yang harus dipikirkan matang-matang, karena nama berkaitan langsung dengan jalan hidup anak dan juga hal yang paling penting dalam kehidupannya.

Mungkin  itu tadi beberapa tips uang bisa anda gunakan untuk membuat anak anda menjadi soleh dan berbakti pada anda dan suami anda. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

0 Response to "Tips Memberikan Pendidikan Untuk Anak Menurut Islam"

Posting Komentar